Sunday, March 15, 2015

Jelajahi Hypnagogia dan mengatasi Tindihan (Sleep Paralysis)


Jelajahi  Hypnagogia
Hypnagogia adalah keadaan mental antara terjaga dan tidur ketika kita setengah sadar. Halusinasi terjadi dalam keadaan setengah tertidur. Masalahnya, fasilitas ingatan kita tertutup bahkan sekitar 3 menit sebelum kita bisa tidur. Halusinasi hypnagogia jarang diingat.
Jika anda berhasil mengumpulkan beberapa kesadaran selama hypnagogia, Anda akan menemukan sebuah tambang emas kreativitas. Dali, Einstein, Brahms, Wagner, Charles Dickens, dan Mark Twain semua dipengaruhi oleh mimpi hypnagogic dan halusinasi.
Pengalaman keluar tubuh kadang-kadang terjadi selama kondisi ini.
Ada trik untuk menjelajahi hypnagogia. Dali terkenal karena metode sendoknya. Dia mengistirahatkan dagunya pada sendok yang dipegang oleh tangannya. Saat Dali tertidur, otot-ototnya akan mengendur dan sendok akan jatuh di atas meja dan membangunkannya dari mimpi hypnagogic. Dia kemudian melanjutkan untuk melukis apa yang dilihatnya dalam mimpi. Gambar yang anda lihat ini adalah salah satu lukisan terkenal dari hasil mimpinya.


Metode Lain
Metode Dali bekerja, tapi di sini adalah metode yang lebih baik:
1.      Berbaring telentang di tempat tidur atau duduk di kursi yang nyaman.
2.      Letakkan  siku anda pada permukaan tempat tidur atau lengan kursi sehingga lengan Anda mengarah lurus ke atas. Biarkan pergelangan tangan anda lemas jika itu lebih nyaman untuk anda.
3.      Fokuskan pikiran anda pada masalah yang ingin anda pecahkan.
4.      Biarkan diri anda melayang ke arah tidur, sambil terus fokus pada masalah selama anda bisa.
5.      Tunggu lengan anda untuk lemas dan jatuh, membangunkan anda. Ini akan terjadi secara alami ketika anda mulai masuk ke kondisi tidur lelap.
6.      Catat pikiran kreatif yang anda punya saat tertidur.
7.      Ulangi.

Metode ini diambil dari buku “Mind Performance Hacks: Tips and tools for overclocking your brain”.
Hypnagogia terjadi karena saat anda memasuki alam mimpi, persepsi sensori anda hilang, meninggalkan otak anda untuk terbuka dalam kreatifitas dan halusinasi.

Tindihan / Sleep Paralysis
Kondisi hypnagogia ini jugalah yang orang sering keluhkan sebagai tindihan / sleep paralysis.  Yaitu kondisi dimana saat anda tidur atau setengah tidur anda tidak bisa menggerakkan tubuh anda (otot anda melemas saat tidur). kemudian muncul halusinansi sesuai kisah mistis / kepercayaan lokal. Di Indonesia sleep paralysis biasa disertai dengan halusinasi ditindih pocong, kuntilanak, genderuwo atau wanita cantik tapi menyeramkan, di jepang nenek-nenek tua yang seram, di amerika penculikan alien atau nenek sihir, dst..dst… 



Muscle atonia adalah kondisi dimana otak pada kondisi REM melepaskan diri dari tubuh agar anda tidak bergerak-gerak saat mengalami mimpi. Hal ini baik. Namun bila tidur anda terganggu atau kesadaran anda kembali dan menyadari bahwa tubuh anda tidak bisa digerakkan maka muncullah teror sesuai kepercayaan anda. Kadang ada yang melaporkan bahwa mereka dicekik atau ditekan bagian dada, ini dikarenakan otak anda secara tidak sadar melepaskan kendali atas sistem pernafasan alami sedangkan otak sadar anda belum bisa mengendalikan seluruh tubuh anda.  Untuk mengatasi hal ini, kita harus tenang. Dengan bekal pengetahuan yang cukup, dan dengan ketenangan maka dalam beberapa saat setelah anda benar-benar sadar kondisi ini akan hilang sendiri.

Sumber : Limitless Abundance yang dapat dibaca di:

versi eBook di Googleplay 

 

2 comments:

  1. Lulungu adalah keadan ingat setengah tidur..

    ReplyDelete
  2. Ereup-ereup adalah ketika fikiran aura negatif tinggi ,mbuat syraf" tegang di saat tertidur ,,,

    ReplyDelete