Sunday, July 29, 2018

Bagaimana Memiliki Target Dalam Hidup Dan Mencapainya





Bagaimana menjalani hidup bak selebritis atau milyarder dan menentukan target untuk mencapainya


Banyak yang bilang kalau mau sukses harus berpikir besar. Tapi seberapa besar, apa targetnya, seberapa terukur hal tersebut? apakah goal atau target kita sudah SMART (Specific, Measureable, Attainable, Realistic dan Timely)?

Sekarang bayangkan seandainya kita jadi selebritis atau milyarder. Bagaimana hidupnya, bagaimana rumahnya, liburannya, kendaraannya, pakaiannya, kehidupan sosialnya. Apa mimpi terliarmu? Mari kita renungkan sejenak.

Kalau kita pikirkan, sebenarnya kita bukan butuh uang, tapi kita butuh kebebasan untuk mengalami dan memiliki semua itu, dan untuk itu perlu dibayar pakai uang. Namun seberapa besar sih uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan hidup itu?


Untuk mencapai tujuan / target hidup kita, kita harus tahu apa saja tujuan kita.  Misal ingin punya rumah, mobil, hutang lunas,  liburan yang mewah, keluar dari kerjaan yang sekarang tapi hidup terjamin dari bisnis yang dirintis dll..

Apapun itu, kita harus bisa ukur dan hitung berapa jumlah yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Jangan Cuma bilang : “yach, kayaknya kalo punya uang 1 Milyar kayaknya enak ya bisa hidup berkecukupan. Semoga dapet dari alam semesta, amin” bukan seperti itu,  kalau kita punya keinginan harus spesifik, terukur, mampu capai, realistis dan ada batas waktu kapan kita mendapatkannya. Kita harus kalkulasi dahulu berapa yang kita butuhkan baru kita bisa bergerak mencari cara dan solusi untuk mencapainya. 

Artikel ini saya khususkan untuk bagaimana menentukan target kita, dan artikel berikutnya tentang cara bagaimana mencapainya lebih cepat dari yang mungkin pernah anda pikirkan.


Untuk itu mari kita mulai dengan dua tugas yang akan saya berikan,

1. Tugas pertama, tentukan apa saja impian anda (ingin melakukan apa, memiliki apa, menjadi apa (Do, Be, Have). Misal dalam satu tahun ingin punya apa saja:

No.
Keinginan / Goal Dalam Hidup
Biaya
1


2


3


dst



2. Total berapa biaya yang dibutuhkan  

Mari kita lihat contoh milik saya:
Wish List 1 Januari 2018




No
Goal
 Biaya (dalam Juta)
keterangan
1
Rumah lunas
                100,000.00
Have
2
Mobil lunas
                100,000.00
Have
3
Mobil Alphard second
                500,000.00
Have
4
Asian cruise ship tour
                100,000.00
Do
5
Europe Trip
                150,000.00
Do
6
rumah baru
                800,000.00
Have
7
dekorasi rumah baru
                300,000.00
Have
8
Ulang tahun yang mewah
                  50,000.00
Do
9
Tahun Baru yang mewah
                  50,000.00
Do
10
Ruko / tenan di mall
                500,000.00
Have
11
Kursi pijat modern
                  40,000.00
Have
12
Piano
                  14,000.00
Have
13
Band set
                  40,000.00
Have
14
Fitness membership
                  15,000.00
Be
15
Daily needs (10juta/bulan)
                120,000.00
Do, Be, Have

Total
            2,879,000.00

* harga diatas kebanyakan pembulatan.

Kalau kita lihat, hidup mewah seperti selebritis tidak semahal yang kita pikir selama ini. 2,8 Milyar memang angka yang besar jika dilihat dari kondisi kita saat ini,  tapi itu bisa kita capai. Dan kita lihat bahwa kadang barang-barang yang kita butuhkan sebenarnya akan berhenti di harga tertentu, dan lebih dari harga tersebut biasanya kita hanya membayar prestisiusnya saja bukan kualitas. 

Tujuan artikel ini adalah ingin menyampaikan bahwa kita secara tidak sadar, saat mengerjakan tugas pertama, kita sebenarnya tidak butuh uang yang selama ini kita pikirkan untuk menjalani hidup bak selebritis atau Milyarder. Bahkan kadang milyarder atau selebritis bingung mau menghabiskan dana tersebut untuk apa lagi. Kita dapat hidup berkelimpahan, dan itu tidak butuh dana sebanyak yang kita pikir selama ini. dan kalau kita lihat lagi, kita sebenarnya sudah bisa bahagia dan hidup bebas dalam keberlimpahan kira-kira kurang dari angka segitu. 


Seberapa berlimpah uang yang kita inginkan adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mempertahankan gaya hidup yang kita inginkan dan kita pilih tanpa kita bekerja secara langsung dan dapat dari bantuan orang lain.

Apabila anda setuju atau merasa terbantu silakan berikan komentar anda. Bagi anda yang sudah menjalani ini silakahkan share pengalaman anda. Dan bagi yang punya mimpi silahkan tuliskan di komentar.
Semoga artikel ini memberi manfaat dan nilai tambah dalam hidup anda.

Apa yang dipikirkan Milyarder (under const)

1 comment:

  1. Saya setuju dengan artikel diatas dan ternyata orang orang milliuner itu melakukan ini semua dan tercapai . alhamdulillah semoga plan saya dan kita semua juga dipermudah .aamiin

    ReplyDelete