Thursday, July 27, 2023

Telomer, apa dan bagaimana gaya hidup yang baik untuk mengoptimalkan Telomer agar anda awet muda & panjang umur?

 

Telomer adalah bagian dari ujung kromosom yang berfungsi melindungi informasi genetik dalam sel. Saat sel membelah, telomer ini bisa menjadi lebih pendek, dan penebalan berulang ini terkait dengan proses penuaan dan masalah kesehatan tertentu.

Menurut Jurnal Markers of cellular senescence. Telomere shortening as a marker of cellular senescence yang dirilis pada tahun 2016, Telomer yang pendek dan penuaan sel memiliki korelasi yang positif. Hal ini membuat Telomer dapat dijadikan sebagai  penanda terjadinya penuaan sel di tingkat molekuler.

Seperti dilansir dari artikel berjudul Hidden secret of immortality enzyme telomerase di ScienceDaily, para peneliti melihat adanya potensi enzim Telomerase sebagai jawaban bagi mereka yang ingin awet muda. Enzim ini akan menjaga Telomer tetap panjang dan mencegah sel melakukan apoptosis.

Meskipun penelitian tentang telomer dan penuaan masih terus berlangsung, belum ada obat yang terbukti secara klinis dapat secara langsung "memperlambat" pemendekan telomer.

Namun, ada beberapa faktor gaya hidup dan perubahan yang telah terbukti dapat berkontribusi pada mempertahankan panjang telomer dan kesehatan umum sel, antara lain:

Olahraga: Aktivitas fisik yang teratur dan cukup telah dikaitkan dengan panjang telomer yang lebih baik.

Diet sehat: Konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam sel dan mempertahankan kesehatan seluler.

Manajemen stres: Stres kronis dapat berdampak negatif pada kesehatan sel dan telomer. Praktik manajemen stres, seperti meditasi atau yoga, dapat membantu mengurangi stres.

Hindari merokok dan alkohol berlebihan: Kedua kebiasaan ini telah terbukti merusak sel dan dapat mempengaruhi panjang telomer.

Tidur yang cukup: Tidur yang baik dan cukup sangat penting bagi kesehatan seluler dan pemulihan.

Pencegahan penyakit kronis: Mencegah penyakit kronis dengan menjaga berat badan yang sehat dan memantau kesehatan secara keseluruhan dapat berkontribusi pada kesehatan sel.


Sangat penting untuk diingat bahwa penuaan adalah proses alami yang tidak dapat dihindari sepenuhnya, dan perubahan gaya hidup di atas tidak akan secara drastis membalikkan penuaan atau memperpanjang hidup Anda. Namun, dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mempengaruhi kualitas penuaan Anda. Selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan besar dalam gaya hidup atau sebelum menggunakan suplemen atau obat-obatan apa pun yang diklaim berpengaruh pada telomer.


Bila Anda tertarik dengan bagaimana membangun mindset dan metode yang tepat untuk mencapai kesuksesan, kesehatan dan keberlimpahan silakan mempelajari di buku saya: 

LIMITLESS ABUNDANCE: METODE ILMIAH YANG AMPUH UNTUK MEWUJUDKAN SEGALA KEINGINAN ANDA MELALUI PENYELARASAN DIRI DENGAN TUJUAN MULIA yang dapat dibaca di:

versi eBook di Googleplay 

No comments:

Post a Comment